MOTIVASI : Direktur Poltekom Dr. Isnandar M.T. menyampaikan Kuliah Umum kepada mahasiswa Poltekom

Malang – Ada  yang menarik dalam pelaksanaan Kuliah Umum dengan tema Problematika Era 4.0 Bagi Mahasiswa di Politeknik Kota Malang, Senin (11/3) kemarin. Peserta kuliah umum mendapat suntikan motivasi langsung dari Dr. Isnandar M.T., Direktur Poltekom.

Dalam paparannya pak Is sapaan akrabnya menandaskan, bahwa mahasiswa Poltekom harus selalu optimis menjalani kuliah di kampus unggulan ini. Mahasiswa juga harus tangguh serta terus melengkapi dirinya dengan kemampuan softskill. Ini sejalan dengan penelitian Stanley PhD, yang menyatakan 100 indikator orang sukses ditentukan oleh kejujuran, kedisiplinan, kemampuan interpersonal, dukungan pasangan hidup dan baru yang kelima adalah hard skill.

“Softskill menjadi hal yang penting dimiliki seorang pekerja jika ingin sukses,” pesannya kepada audien.

Mantan Pembantu Rektor  IV bidang kerja sama di Universitas Negeri Malang (UM) ini menambahkan, menurut Trilling untuk meraih sukses diabad 21 seorang pekerja professional harus membekali dirinya dengan sejumlah kemampuan softskill yakni 4C yang terdiri dari Critical atau kritis, Creative kreatif, Communication Skill atau ketrampilan berkomunikasi dan Collaboration ketrampilan bekerja sama.

“Dengan modal 4 C ini saya yakin kalian akan sukses,” lanjutnya.

Di tengah sesi kuliah umum, mahasiswa ditantang menjelaskan seputar problematika di era 4.0. Beberapa mahasiswa yang maju dan merespon tantangan tersebut langsung mendapatkan fresh money dari Direktur.

“Mahasiswa harus mampu menjual diri. Artinya mahasiswa tersebut harus bisa menunjukkan kualitas dirinya dalam merespon kemajuan teknologi, melahirkan ide-ide yang inovatif, cemerlang sesuai tuntutan jaman,” ungkap Yayik salah seorang mahasiswa disambut gerrr peserta kuliah umum. (din)

 

Softskill Wajib Dimiliki Lulusan Poltekom
Tagged on: