PEMAPARAN : Feri B. Kepala SDM PT. Trakindo memaparkan perusahaan Trakindo di hadapan mahasiswa Poltekom

POLTEKOM – Politeknik Kota Malang (Poltekom) akan membuka kelas industri Trakindo tahun depan. Hal ini disepakati kedua belah pihak usai kunjungan Trakindo di Poltekom, Kamis (9/8) kemarin. Selain itu Trakindo juga siap melaksanakan rekrutmen lulusan Poltekom mulai tahun ini.

“Kelas industry realisasinya tahun depan karena harus dipersiapkan program-programnya terlebih dulu. Tapi kalau rekrutmen bisa dijalankan tahun ini,” ucap kepala SDM Trankindo utama, Ferry M. Butarbutar.

Ditambahkan, kebutuhan SDM di Trakindo untuk tahun depan diperkirakan sebanyak 48 mekanik. Sebelumnya, sudah dua kota yang dijelajahi Trakindo untuk rekrutmen maupun penjajakan kerja sama seperti di Jogja dan Bandung.  Karakter SDM yang dibutuhkan di dunia pertambangan adalah kedisiplinan dan working habit, sebab industri tersebut berisiko tinggi.

“Saya optimis, Poltekom adalah tempat yang tepat, namun dalam perkuliahan tentu tak persis seperti di industri. Sejauh ini, saya mengamati laboratorium dan sarpras sudah oke. Namun, sebagus apapun lulusannya akan dilatih lagi oleh Trakindo,” jelas Ferry.

Ditambahkannya, jurusan Mekatronika yang ada di Poltekom menjadi daya tarik industri. Terlebih, Poltekom memiliki keunggulan berbasis otomasi.

Sementara itu, Direktur Poltekom, Dr. Isnandar M.T mengaku, sebelumnya Mekatronika Poltekom berbasis otomasi, kemudian membuka cabang untuk Alat Berat. Sehingga jurusan alat berat Poltekom berbasis otomasi dinilai cocok dengan Trakindo.

Dalam kerja sama antara Poltekom dan Trakindo akan di terapkan mutual recornized  untuk keuntungan bersama. Sehingga biaya nantinya ditanggung bersama.

“Trakindo belum ada SDM di bidang otomasi, karena pekerjaan pengeboran di bawah laut ternyata cocok dengan otomasi. Selain komitmen kelas industri, rekrutmen juga akan langsung dilakukan mulai tahun ini, sehingga lulus langsung kerja,” tutup Isnandar. (saf)

 

 

POLTEKOM SIAPKAN SDM TRAKINDO