ANTUSIAS : Suasana di arena penjualan produk mahasiswa tampak diserbu pembeli.

POLTEKOM – Sukses itu bisa dipelajari dan dirancang sejak awal, bukan hanya diingat-ingat namun tidak melakukan sesuatu. Sukses harus dirancang, dikonsep dan diperjuangkan. Hal inilah yang tampak dipraktekkan langsung peserta mata kuliah Kewirausahaan (MKU 152) Program Studi Teknik Mekatronika (TM) Konsentrasi Alat Berat (TAB) Politeknik Kota Malang (Poltekom) Senin hingga Rabu (16/5) kemarin.

Beragam menu seperti Ayam Ngampus , salad, Es Dori (Degan Ori), Es Desu (Degan Susu), Es Capcin Fresh, Aneka Jasik (Jajanan Asik) hingga  Nasi Goreng Nahan Lapar.  Disajikan para mahasiswa di lantai dasar gedung A di kampus yang terletak di daerah Tlogowaru ini.

Dr. Jatmiko Setiaji, MM dosen pengajar mata kuliah Kewirausahaan mengungkapkan, selama 3 (tiga) hari peserta mata kuliah wajib mempraktekkan ilmu kewirausahaan melalui praktek langsung, sebagai bekal istimewa bagi mahasiswa terutama secara mental agar menjadi pengusaha muda yang handal.  Hal ini disebabkan kewirausahaan memiliki aspek yang berhubungan dengan dunia penjualan (marketing). Artinya sukses di sisi ini adalah sukses menghadirkan produk sekaligus sukses soal pemasarannya.

“Melalui praktek berjualan selama 3 hari saya yakin bakal memberikan pengalaman tersendiri kepada mahasiswa,” terangnya.

Ia mencontohkan, kesuksesan yang diperoleh orang lainpun diperoleh melalui trial (mencoba) alias praktek. Kesuksesan tidak akan pernah didapat secara tiba-tiba, melainkan perlu diperjuangkan dengan berbagai macam kendala turut menyertai.

Yang tak kalah penting, penyusunan bisnis plan harus sudah dilakukan diawal memulai usaha. Dengan bisnis plan yang tepat dan realistis di tunjang penetapan  target capaian pencapaian BEP yang rasional selama kurun waktu tertentu.

Achmad Faisal, peserta berpendapat ternyata banyak hal bisa diperoleh dari praktek kuliah Kewirausahaan ini. Terutama soal kerjasama, gotong royong, bahu membahu serta saling tolong menolong antar anggota tim.

“Saya rasakan perlunya kerjasama dan saling percaya menjadi hal penting khususnya dalam mengelola bisnis,” ucap alumni SMKN 1 Gedangan ini. (din)

Poltekom Cetak Pengusaha Muda