SINERGI : Pembukaan program BMC di Poltekom bekerja sama dengan PT. SaptaIndra Sejati (PT.SIS).

POLTEKOM  – Mengawali tahun 2018 Politeknik Kota Malang (POLTEKOM) merealisasikan kerja sama dengan PT. Saptaindra Sejati (SIS). PT SIS adalah salah satu perusahaan pertambangan dan pengangkutan batu bara kontraktor terbesar di Indonesia. Senin lalu (15/1) diadakan Pembukaan Program BMC (Bassic Mechannical Course). Sebanyak 54 lulusan SMK dari Jawa dan Kalimantan mengikuti BMC untuk dilatih menjadi mekanik pertambangan dan disalurkan ke PT. SIS.

“Mereka kami latih kompetensi, mental serta fisiknya,” kata Rivelino C. Abuthan,  Dept. Head  Learning  PT. SaptaIndra Sejati.

 

Mental dikatakannya, sangatlah penting sebab bekerja di dunia tambang amatlah keras dan berat.  Nanti, para siswa lulusan BMC itu akan dikirim ke pertambangan batubara di Kalimantan. Mereka akan berkerja full  10 minggu dilapangan, kemudian 2 minggu cuti. Bekerja di Kalimatan tentu membuat mereka jauh dari keluarga.

“Mereka para pekerja tambang lebih tepat disebut pejuang,” terang Rivelino.

Direktur Politeknik Kota Malang (Poltekom)  Dr. Isnandar M.T mengaku senang sekali kerjasama dengan PT SIS ini. Menurutnya, vokasi era sekarang memang harus bekerja sama dengan industri.

“Inilah wujud pendidikan vokasi berkelanjutan,” tuturnya.

Dia menambahkan, vokasi tanpa campur tangan industri tidak akan jalan. Untuk itulah pihaknya melakukan Blended Curriculum dengan PT. SIS untuk pembukaan kelas Pertambangan.

Rinciannya  2, 1, 2, 1 antara semester di kampus dan magang di industry. Dengan pola ini mahasiswa Poltekom sudah siap bekerja.

“Ini juga merupakan salah satu langkah pengimplementasian revitalisasi SMK yang sesuai dengan instruksi Presiden no. 9 Tahun 2016 tentang revitalisasi sekolah menengah kejuruan,” katanya. (din)

Poltekom Gembleng Lulusan SMK Jadi Pekerja Tambang