UPT Puskom

logo puskom

Perkembangan Teknologi Informasi semakin pesat dan luas cakupannya dan telah terbukti mampu membawa efektifitas dan efisiensi kinerja. Dalam dunia pendidikan, Teknologi Informasi sangat berperan dalam menunjang terselenggaranya proses akademik baik proses belajar mengajar, maupun proses-proses lain yang sifatnya administratif yang mendukung terselenggaranya proses akademik yang diharapkan mampu membawa dampak positif dalam bentuk peningkatan efisiensi dan produktifitas kinerja dalam bidang akademik dan berbagai proses pendukungnya. Selain itu, Teknologi Informasi yang diterapkan dalam suatu institusi pendidikan bisa menjadi sumber daya yang dimiliki institusi yang bersangkutan dalam rangka menghadapi persaingan dalam dunia pendidikan, baik dalam lingkup nasional maupun internasinal.

Beberapa hal tersebut yang mendorong Politeknik Kota Malang, sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi vokasi, untuk selalu berkomitmen pada implementasi dan pengembangan Teknologi Informasi untuk mendukung proses akademik dan proses administrasi pendukung yang ada di dalamnya. Komitmen tersebut  direalisasikan dalam pembentukan suatu unit Pusat Sistem Informasi dan Komputer (PUSKOM) dengan tugas utama untuk mengimplementasikan dan mengembangkan Teknologi Informasi beserta insfrastruktur pendukungnya.

Seiring dengan berjalannya waktu tantangan bagi PUSKOM akan senantiasa berkembang. Hal ini dikarenakan kebutuhan staf akademik dan pengelola institusi dalam bidang IT juga akan semakin berkembang salah satunya adalah mencakup aspek domain aplikasi dan data center, hingga pada dukungan sistem pendukung keputusan pada level manajerial kampus. Beberapa strategi yang ditempuh PUSKOM antara lain:

  • Mengadakan training maupun workshop dalam bidang IT bagi sivitas akademika Politeknik Kota Malang (POLTEKOM)
  • Mengoptimalkan penggunaan perangkat lunak maupun perangkat keras guna mendukung semua kegiatan di Politeknik Kota Malang (POLTEKOM)
  • Menjalin kerjasama dan sharing knowledge dengan berbagai pihak luar yang relevan dalam pengembangan teknologi informasi

Visi

Meningkatkan dan menerapkan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung kegiatan administrasi dan akademik.

Misi

  1. Mensinergikan Potensi, Pengembangan dan Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di lingkungan Politeknik Kota Malang
  2. Memberikan dan Menyediakan layanan terpadu berbasis komputer
  3. Memberikan layanan pengembangan keterampilan dibidang Teknologi Informasi sesuai dengan DU/DI bagi sivitas akademika dan masyarakat sekitar

Struktur Organisasi

Secara organisasi, PUSKOM bertanggung jawab langsung terhadap Direktur melalui Pembantu Direktur III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama dengan struktur organisasi seperti tampil pada gambar berikut:

struktur organisasi puskom

Tugas dan Fungsi Pokok

Sebagai Unit yang memberikan layanan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) PUSKOM memeliki beberapa fungsi pokok, yaitu:

  1. Mengelola infrastruktur jaringan komputer dan pusat data (server, jaringan backbone, data center, internet dan wifi hotspot)
  2. Mengembangkan sistem informasi sesuai kebutuhan (unit kerja pengampu proses bisnis) dan trend teknologi
  3. Memberikan layanan dukungan operasional sistem informasi dan konsultasi kepada unit kerja pemiliki bisnis proses
  4. Memberikan layanan sistem dan teknologi informasi kepada pengguna akhir (civitas akademika)
  5. Mengolah data/ informasi untuk pimpinan dalam mendukung pengambilan keputusan (strategis).
  6. Memberikan pelatihan dan sertifikasi teknologi informasi dan komunikasi bagi sivitas akademik maupun masyarakat sekitar sesuai dengan standar BNSP.

 

UPT Pusat Sistem Informasi dan Komputer

Kantor: Gedung Direktorat Lantai 2
Jalan Tlogowaru No. 03 – Malang 65133
Telp: 0341 754088 Ext. 113,
e-mail: puskom[at]poltekom.ac.id
website: http://puskom.poltekom.ac.id