Unjuk Karya TA Mahasiswa Mekatronika

Unjuk Karya TA Mahasiswa Mekatronika
TA (2)
TA MAHASISWA : Pancuran wudlu otomatis di pasang di dekat masjid Asy Syifa’  POLTEKOM.

 

POLTEKOM – Ada yang baru di beberapa sudut kampus Politeknik Kota Malang (POLTEKOM) sebulan terakhir. Sejumlah karya mahasiswa yang sedang menempuh Tugas Akhir (TA) program studi (Prodi) Teknik Mekatronika (TM) konsentrasi Otomasi Industri (OI) maupun Alat Berat (AB) menghiasi sejumlah sudut di kampus unggulan tersebut.
Ada papan penunjuk lokasi POLTEKOM (solar cell) di pintu masuk (gate) depan, lampu penerang jalan umum (PJU) solar cell di beberapa titik, panel penanda suhu kelembaban juga solar cell hingga tempat wudlu/pancuran otomatis di depan masjid As-Syifa.
Helmy Mukti Himawan, SST, MT, Sekretaris Prodi TM menjelaskan karya-karya TA mahasiswa itu sengaja diwujudkan atau dipersembahkan bagi POLTEKOM agar memiliki nilai guna dan manfaat bagi segenap civitas akademika POLTEKOM.
“Karya TA lain disimpan di laboratorium TM,” ungkap alumni SMAN 1 Malang ini.
Sebelumnya, menurut bapak 1 putri ini, karya TA mahasiswa yang sudah selesai diuji itu disimpan di workshop dan sewaktu-waktu siap dipamerkan. Diantaranya, alat pemilah ikan otomatis, mesin penggiling tebu, mesin ayak serbaguna, mesin penetas telor, propelar jam analog digital, robot mata-mata unik dengan sistem kontrol, conveyor tebu otomatis menggunakan motor AC 1 phase, papan pengumuman LED, bel penanda waktu kuliah otomatis, hingga mini quad coopter. Ada juga mini dump transporter, perangkat pembelajaran AC, perangkat pembelajaran kelistrikan mobil, modifikasi dongkrak manual menjadi elektrik dan mini lengan excavator.
Alumni program Magister Teknik Elektro UB ini menambahkan, manfaat karya TA mahasiswa mencakup dua dimensi yakni dimensi bisnis maupun sosial atau untuk masyarakat luas. Tugas akhir mahasiswa yang kebanyakan berupa produk perangkat lunak atau software bisa menjadi inkubator bisnis atau menjadikan mahasiswa sebagai calon teknopreunership bila lulus nanti.
Sementara karya TA yang berbentuk kombinasi software dan hardware di arahkan memiliki nilai manfaat multi guna secara luas untuk memenuhi kebutuhan penelitian maupun berguna bagi masyarakat luas. (din)