Ormawa dan UKM

Organisasi mahasiswa (Ormawa) terdiri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM). Sedangkan di tingkat prodi terdapat Himpunan Mahasiswa (HIMA) prodi. BEM adalah lembaga eksekutif tertinggi yang menjalankan roda pemerintahan mahasiswa.Sementara itu, untuk mewadahi minat, bakat, dan pembinaan prestasi mahasiswa, terdapat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Pembinaan bidang Ormawa dimaksudkan untuk menyalurkan, mengembangkan dan mengarahkan Ormawa. Pembinaan dilakukan melalui pembimbingan, pendampingan, dan penyediaan dana serta sarana prasarana yang diperlukan. Untuk memudahkan kegiatan Ormawa, telah disediakan ruangan khusus untuk koordinasi Ormawa. Dengan demikian diharapkan koordinasi terhadap kegiatan – kegiatan Ormawa akan menjadi lebih baik.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah lembaga kemahasiswaan tempat berhimpunnya para mahasiswa yang memiliki kesamaan minat, kegemaran, kreativitas, dan orientasi aktivitas penyaluran kegiatan ekstrakulikuler di dalam kampus. UKM merupakan organisasi kemahasiswaan yang mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan, dan mengembangkan kegiatan ekstrakulikuler kemahasiswaan yang bersifat penalaran, minat dan kegemaran, kesejahteraan, dan minat khusus sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya. Kedudukan lembaga ini berada pada wilayah universitas yang secara aktif mengembangkan system pengelolaan organisasi secara mandiri.

Beberapa kegiatan mahasiswa yang ada di POLTEKOM adalah sebagai berikut:
1. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pencinta Alam
2. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara
3. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fotografi
4. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Futsal
5. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Agama Islam
6. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bahasa Inggris
7. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Robotika
8. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater
9. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Band