Robot Poltekom Mampu Unjuk Prestasi di Jember Line Tracer

MALANG POST- Satu lagi prestasi yang membanggakan diukir para mahasiswa Poltekom Malang di ajang Jember Line Stacer (JLS) III, dengan meraih juara II Tingkat Jawa Bali yang diadakan oleh HME (Himpunan Mahasiswa Elektro) Universitas Jember (22-23/6) lalu di gedung Soetarjo Universitas Jember.

Dalam lomba ini, Poltekom melalui UKM Robotikanya mendaftarkan lima tim. Dari kelima tersebut ada dua tim yang tidak berhasil lolos dan tiga tim yang berhasil menembus 16 besar. Dengan persaingan yang sangat ketat akhirnya Tim 3 yang diketuai oleh Zainul Arifin berhasil menembus tiga besar.“Persaingan lomba kemarin sangat ketat sekali. Semua lawan sudah berpengalaman sehingga kami tidak menyangka keluar sebagai juara kedua,’’ ujar Dias Candra prastyea salah satu anggota tim kepada Malang Post.
Untuk penilaian, selain kreativitas para mahasiswa dalam hal membuat robot line follower, tim juri juga menilai waktu yang ditempuh oleh sang robot dalam melintasi lintasan yang sudah disiapkan panitia dengan luas 7 x 11 m2.

Sementara itu Donny Febriyanto yang juga sebagai salah anggota tim mengatakan, robot line follower buatannya memakai hadware lokal. ’’Tidak seperti peserta yang juara pertama dengan memakai komponen dari luar,’’ ungkapnya.
Dengan keberhasilan ini, mahasiswa Poltekom Malang berhasil membawa pulang trofi, sertifikat, dan uang pembinaaan. Di samping itu kampus ini juga bisa mengungguli Politeknik Negeri yang ada di Kota Malang. ’’Kami menyiapkan untuk mengikuti event ini selama dua minggu dan itupun kami terkadang tidak tidur guna mendapatkan hasil yang sempurna,’’ ungkap Zainul mahasiswa jurusan Mekatronika ini.

Di tempat yang lain Redi Bintarto.ST.M. Eng.Pract. selaku vice Director for student and industrial relation merasa bangga apa yang telah diraih anak didiknya sehingga dapat mengharumkan nama almamaternya. ’’Ke depannya kami ingin mengadakan event seperti ini. Bagi kami sendiri kemampuan yang telah didapat sudah mumpuni,’’ jelasnya kepada Malang Post.

Poltekom sendiri sebelumnya juga berhasil memperoleh predikat kampus unggulan dari kopertis VII, sehingga dengan bertambahnya prestasi ini akan menambah kepercayaan masyarakat terhadap sekolah tinggi komputer Malang ini. ’’Kami berharap prestasi kami ini bisa diikuti oleh adik adik kelas kami dan bukan hanya tingkat Jawa Bali tetapi nasional dan internasional,” harap Zainul ketua tim yang diamin juga oleh dua anggotanya.(ian/sir/lim)