POLTEKOM Pertahankan Kerjasama Level ASEAN

POLTEKOM Pertahankan Kerjasama Level ASEAN

POLTEKOM Politeknik Kota Malang (Poltekom) menerima kunjungan mahasiswa Republic Polytechnic (RP) Singapure, Politeknik Caltex Riau dan Polinema yang tergabung dalam program TF Scale exchange, Rabu (15/3) lalu. Program yang sudah berlangsung 3 tahun ini adalah program multi nasional dan multidisipliner yang bertujuan  menjembatani mahasiswa kedua negara (Indonesia-Singapore) dengan dunia nyata serta mempelajari kehidupan yang sebenarnya.

Sebelumnya,  sekitar 50 mahasiwa dari sejumlah Politeknik di Indonesia tersebut, telah selesai melakukan pertukaran pelajar dengan RP Singapore. Poltekom mengirimkan dua mahasiswa yakni Achmad Purnomo dan Hallen Dwi Raharja untuk belajar di Republic Polytechnic Singapure selama tiga minggu.

Di Poltekom, rombongan diajak melihat produk tugas akhir (TA) mahasiswa yang berupa modul Raspberry-Pi. Antusiasme rombongan sangat besar bahkan mereka aktif untuk berdiskusi terkait hal itu. Penyambutan rombongan inipun dipimpin langsung oleh Direkur Poltekom Dr. Isnandar M.T.

“Produk tugas akhir (TA) mahasiswa berupa modul Raspberry itu di Republic Polytechnic Singapure belum ada, sehingga mereka senang sekali  sewaktu kita memberikan produk itu sebagai souvenir,” ucap  Isnandar .

Ditambahkan, program ini sangat penting untuk membangun kualitas Polteknik, membangun karakter mahasiswa yang peduli pada teknologi berbasis Raspberry-Pi, membangun jiwa kewirausahaan dan menyiapkan mahasiswa agar menjadi pemimpin baik di kancah nasional bahkan internasional, ” tambah mantan Dekan FT UM ini.

Dengan pertukaran pelajar ini, diharapkan kedepan Poltekom semakin dikenal baik di dalam maupun di luar negeri serta mempererat tali kerjasama yang baik antar kedua Negara.

“Singapure IT nya sangat maju, Jadi kami dapat belajar dan berbagi informasi dalam pengembangan teknologi di masa yang akan datang,” tambahnya. (yun/din)