Poltekom Perbanyak Kerjasama Luar Negeri

Poltekom Perbanyak Kerjasama Luar Negeri
mou lg
SEPAKAT : Direktur Poltekom dan atase KBRI di India bersalaman usai penandatanganan MoU.

POLTEKOM – Ada banyak bidang yang bisa dimanfaatkan oleh akademisi dan ilmuwan Indonesia di India, baik bidang teknologi, pendidikan, kesehatan hingga bidang sosial.  Kerjasama itu bisa dilakukan dengan sejumlah perguruan tinggi yang ada di India. Seperti yang tercermin di acara penandatangan memorandum of understanding  (MoU) yang dilakukan Politeknik Kota Malang (Poltekom) dan beberapa PT lain di Malang (anggota APTIKOM) dengan Atase Pendidikan KBRI Indonesia di India.  Sebelum MoU, diawali kegiatan workshop “Mengenal Pendidikan Tinggi di India” yang digelar di STAR Atlas Nusantara Malang, Rabu (22/4) kemarin.

Prof. Dr. Iwan Pranoto, atase pendidikan KBRI di India mengatakan kemajuan di India saat ini sudah terintegrasi dengan sistem computer, internet maupun jejaring sosial. Masyarakat aktif menggunakan sosial media dan aplikasi  smartphone untuk pelaporan tindak pidana korupsi hingga penggalakan kebersihan lingkungan.

“Jadi masyarakat bisa secepatnya melaporkan bila terjadi sesuatu,” ungkapnya didampingi Ketua APTIKOM Eva Handriyanti.

Meskipun India sudah berkembang pesat, akan tetapi menurut Iwan, ilmuwan dan mahasiswa Indonesia masih bisa mengambil peluang-peluang kerjasama di bidang kebudayaan (kesetaraan gender), perencanaan keluarga serta kebersihan. Karena Indonesia masih dianggap lebih unggul dalam bidang ini.

Syarat kerjasamanya, kata pria yang pernah mengenyam pendidikan di Malang ini, perguruan tinggi anggota APTIKOM diharapkan menemukan keunggulan masing-masing dan di tuangkan dalam bentuk kerjasama konkrit. Harapannya kerjasama yang ditawarkan perguruan tinggi  tersebut sukar untuk di tolak.

“Ini salah satu bocoran yang bisa saya berikan,” cetusnya disambut suka cita peserta workshop yang diikuti 11 PTN/PTS  di Malang Raya.

Budaya ilmiah yang sudah lumayan bagus di India, masih menurutnya, diharapkan bisa ditularkan ke Malang bila kerjasama ini benar-benar berlangsung.  Dan minimal bisa berdampak positif bagi dunia pendidikan di Malang Raya.

Drs. Supandi, S.Pd M.Si., Direktur Poltekom menuturkan saat ini Poltekom perlu memperbanyak kerjasama dalam maupun luar negeri, sebab kini Poltekom tengah giat melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Bisa jadi Tridharmanya dilakukan di dalam negeri setelah mengadopsi kemajuan teknologi dari belahan dunia lain.

“Kita harus unjuk kerja dan selalu berpacu dengan waktu,” tukasnya. (din)