POLTEKOM Launching Program Sarjana D-4 Lanjut Jenjang

wisuda (2)
HIDMAT : Suasana wisuda V POLTEKOM berlangsung hidmat, Sabtu (24/10) lalu.

POLTEKOM – Gelaran wisuda sarjana Politeknik Kota Malang (POLTEKOM) ke V yang dihelat Sabtu (24/10) pagi kemarin teramat istimewah dan menjadi momentum bersejarah bagi Kampus Unggulan di kawasan Malang International Education Park (MIEP) Tlogowaru Kota Malang ini. Pasalnya, selain wisuda juga dilakukan launcing produk unggulan dan penandatanganan naskah kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan beberapa stakeholders / mitra industri.
Produk unggulan dimaksud adalah Pertama, pembukaan program Sarjana D4 Lanjut Jenjang kolaborasi dengan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ITS dan perkuliahan bakal dimulai tahun depan. Kedua, kerjasama POLTEKOM dengan Indonesia Learning Center (ILC) terkait pengembangan sumber daya manusia (SDM).
“Sebelumnya kami hanya vokasi atau setara D3, namun tahun depan Program Sarjana D4 sudah tersedia di POLTEKOM,” tukas mantan Pembantu Rektor IV di Universitas Negeri Malang (UM) ini.
Setidaknya, lanjutnya, ketiga Program Studi (Prodi) yang ada saat ini yakni Teknik Informatika (TI), Teknik Telekomunikasi (TT) dan Teknik Mekatronika (TM) bisa difasilitasi melanjutkan kuliah di program unggulan tersebut. Apalagi perkuliahan teori dan praktek bakal dilakukan di POLTEKOM didukung penuh tenaga-tenaga ahli dari PENS ITS.
Dengan adanya program unggulan ini, diharapkan dapat memberikan kepercayaan lebih kepada masyarakat akan adanya pendidikan berkualitas di POLTEKOM.
Disela-sela wisuda, juga bakal dilakukan penandatanganan MoU dengan sejumlah perusahaan mitra POLTEKOM yakni :
– PENS ITS terkait pembukaan Program Sarjana D4 Lanjut Jenjang kolaborasi PENS ITS dengan POLTEKOM.
– Indonesia Learning Center (ILC) kerjasama terkait pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) alat berat yang ada di Prodi Teknik Mekatronika.
– PT. Sumber Multi Rejeki (SMR) – kerjasama terkait penempatan mahasiswa Praktek Kerja Industri (Prakerin) dan Rekruitmen karyawan.
– MGN kerjasama bidang pembelajaran Viber Optic melengkapi laboratorium di Prodi Teknik Telekomunikasi.
– Bank Tabungan Negara (BTN)
Sementara itu untuk wisudawan terbaik kali ini diraih oleh Mohamad Ilhamudin dari Teknik Informatika (TI) IPK 3,84 dan TA berjudul : “Sistim Informasi Akademik Poltekom Sub Sistem Penilaian”. Rezky Gallant Charisma dari Teknik Mekatronika (Alat Berat) IPK 3,74 dan TA berjudul “Analisa factor Axle Saft Broken dan dampaknya terhadap Defferential pada unit Dump Truck”. Daniel Setyo Widodo dari Teknik Telekomunikasi (TT) IPK 3,47 dengan TA berjudul “Rancang bangun Board Trainer Pengkodean Data untuk mata kuliah Komunikasi Data”.
“Yang tak kalah penting adalah lulusan POLTEKOM tahun ini sudah bekerja sebelum wisuda mencapai 30 – 35 persen. Sehari sebelum wisudapun dilakukan interview lulusan dari oleh PT. Sumber Multi Rejeki dan selebihnya saat ini tengah menunggu proses panggilan bekerja dari beberapa perusahaan terkait yang tersebar di seluruh Indonesia. (din)