POLTEKOM KAMPUS RESMI DAN DIAKUI

POLTEKOM KAMPUS RESMI DAN DIAKUI

POLTEKOM – Usulan agar Poltekom menjadi BLK tidak sesuai dengan bahasan awal. Poltekom didirikan sebagai Politeknik yang telah disahkan oleh Dirjen DIkti yang diperkuat dengan SK Mendiknas no 104/D/O/2008. Keberadaan Poltekom untuk saat ini sebagai Perguruan Tinggi Swasta di

bawah koordinasi Kopertis Wilayah VII Jawa Timur. Keberadaan Poltekom ini juga telah diakui oleh beberapa industri dan institusi dengan berbagai institusi yang telah bekerjasama sebelumnya. Industri tersebut antara lain: Seamolec, Republic Polytechnic Singapore, Gudang Garam, Indolakto. Pihak Yayasan Pendidikan Kota Malang juga telah menegaskan bahwa Poltekom akan tetap berdiri sebagai Perguruan Tinggi.

Usulan pansus untuk menjadikan BLK pasti akan sangat merugikan berbagai pihak, terutama mahasiswa. Bagaimana tidak, mahasiswa yang kebanyakan dari golongan tidak mampu masih dapat kuliah di kampus ini. Maka hal ini akan menjadi pertanyaan yang sangat mendasar bagi Perguruan Tinggi lain, apakah mereka mau menerima mahasiswa kurang mampu untuk kuliah di tempatnya.

Wacana penegrian Poltekom bukan tidak mungkin dilakukan seperti yang diberitakan di koran dan seperti dikatakan pihak pansus Raperda Poltekom DPRD Kota Malang. Tetapi hal ini harus didukung oleh Pemerintah Daerah dan stake holder yang berada di Kota Malang. Pihak Dikti juga telah membuka lebar untuk masalah ini, khususnya SP4 (Satuan Pelaksana Pendirian dan Pengembangan Politeknik). Kokok Haksono selaku ketua SP4 juga telah mengatakan hal tersebut dan pernah mengundang dari pihak pengelola Poltekom untuk membicarakan hal tersebut. SP4 atau Dikti tidak memiliki kewenangan untuk merubah status Poltekom menjadi PTN, PTS, AK, BLU, bahkan BLK.

Selain sebagai Perguruan Tinggi, Poltekom juga sedang mengembangkan kemandirian dengan membangun teaching factory yang dibuka setiap prodi. Sebagai contoh, untuk prodi teknik informatika membuka training IT kepada masyarakat, teknik mekatronika mendirikan usaha penggilingan gula merah dan budidaya cacing dalam rangka mengurangi ketergantungan biaya operasional dari keuangan daerah Kota Malang.

Disamping kegiatan diatas, Poltekom juga tetap melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi dengan melaksanakan pengabdian masyarakat, penelitian serta pengajaran kepada mahasiswa. Hal inilah yang membuat Kopertis menyematkan anugerah Politeknik Unggulan untuk Poltekom.