POLTEKOM Jadi Member Oracle Academy

POLTEKOM Jadi Member Oracle Academy

MEMBER : Kaprodi Aminul Wahib & Novita berfoto bersama sertifikat Oracle Academy                                MEMBER : Kaprodi berfoto bersama Sertifikat Oracle Academy

POLTEKOM – Politeknik Kota Malang (POLTEKOM) patut berbangga, lantaran sudah terdaftar dan menjadi Member Institution dari Oracle Academy, bidang Teknologi dan Informasi. Hal ini ditandai dengan diberikannya sertifikat dari pihak Oracle Academy Internasional akhir pekan lalu.
Sekadar informasi, Oracle Academy merupakan program pendidikan yang akan membuka wawasan mengenai perkembangan kurikulum bidang ilmu komputer. Program yang dipaparkan Oracle Academy bersifat relevan dengan dunia industri, kemudian di implementasikan sesuai dengan kebutuhan institusi tersebut.
“POLTEKOM mendapat penghargaan dan sudah terdaftar sebagai Member Instution Oracle Academy sejak akhir Februari 2016 lalu” ungkap perwakilan Oracle Academy Poltekom, Novita Ratnawati, S.Kom kemarin.
Awal menjadi member Oracle Academy, Poltekom terlebih dahulu mengirimkan pengajuan kepada pihak Oracle Academy. Proposal yang dikirim meliputi program-program yang ada di institusi berkaitan dengan teknologi dan informasi yang sudah diaplikasikan di kampus Unggulan itu.
”Kami mengirim proposal kemudian menunggu verifikasi. Selanjutnya Oracle Academy akan mensurvei sebagai syarat kelayakan kampus yang mengajukan dan berakhir dengan pemberian sertifikat ini,” kata wanita berkerudung tersebut.
Wanita murah senyum ini menjelaskan, jika institusi sudah menjadi member Oracle Academy maka akan mendapat berbagai pelatihan dan sumber daya pembelajaran dari Oracle Academy. Pembelajaran diikuti oleh perwakilan institusi kemudian mengikuti berbagai workshop tentang pemrograman database Oracle dan pemrograman Java.
Tujuan pelatihan tersebut ditambahkan dia, untuk memperdalam kemampuan dosen mengajar mata kuliah pemrograman dengan media pembelajaran secara interaktif. Usai mendapat pembekalan dari Oracle Academy, perwakilan institusi akan menerapkan bahan ajar untuk meningkatkan pemrograman java dan database oracle.
“Mulai tahun ini mahasiswa yang mengikuti matakuliah Algoritma Pemrograman, Struktur Data dan Basis Data bisa mendapatkan sertifikat Oracle,” tandasnya.
Senada disampaikan Ketua Program Studi Teknik Informatika (TI) Aminul Wahib, S.ST, M.Kom yang menyatakan bahwa sertifikat yang didapat mahasiswa sudah diakui secara internasional. Dan ini untuk mempermudah dan mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja.
“Keuntungan lain menjadi member ini, sekarang kita dengan mudah mendapatkan banyak software oracle secara gratis,” ujarnya.
Kurikulum di TI Poltekom sudah tercangkok dengan Oracle Academy, diharapkan mahasiswa mampu menghadapi persaingan dunia kerja dan mempersiapkan diri menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).  (din)