POLTEKOM Go Internasional

POLTEKOM Go Internasional
a (2)
DISKUSI : Dr Isnandar M.T Direktur Poltekom (2 dari kiri) berdiskusi dengan delegasi dari (NCTU) di kampus POLTEKOM Jumat (13/1).

POLTEKOM – Politeknik Kota Malang (Poltekom) mendapat kunjungan dari NCTU (National Chiao Tung University) Taiwan, Jumat (13/1) kemarin. Kunjungan khusus ini menjadi ajang saling memperkenalkan kelebihan masing-masing perguruan tinggi.

Pembina Poltekom, Ir. H. M. Ridwan Hisjam menjelaskan, sebagai sebuah institusi pendidikan yang berlokasi di Kompleks Pendidikan Internasional atau Malang International Education Park (MIEP), maka sudah seharusnya Poltekom sebagai institusi pendidikan kebanggaan warga Malang Raya, semakin memperkuat jalinan kerjasama lintas perguruan tinggi berskala internasional.

“Ini harus senantiasa konsisten diperjuangkan dan diwujudkan sebagai implementasi kerjasama di berbagai bidang dengan lintas pihak,” katanya.

Ditambahkan, kerjasama tersebut dapat dilakukan dengan perusahaan, perguruan tinggi sebagai lembaga pemerintah, dan juga beserta para alumni yang telah tersebar di luar negeri. Sebab hal itu juga sesuai dengan visi Politeknik Kota Malang yaitu menjadi perguruan tinggi vokasi yang berdaya saing di ea 2025.

Rombongan dari Universitas NCTU kagum terhadap keberadaan Politeknik Kota Malang. Salah satu perwakilan dari rombongan mengatakan, keberadaan Politeknik Kota Malang di tengah kota seperti ini merupakan hal yang positif, mengingat kampus akan dapat memberikan kontribusi positif dan berguna bagi kebutuhan masyarakat.

Dicontohkannya seperti pembuatan mesin pemotong rumput wireless system, R& D Robotic, penerapan PLC dalam peralatan teknologi tepat guna,  dan lainnya. Ini hal yang harus diapresiasi karena merupakan wujud kongkrit sumbangsih positif nantinya di dunia industri.

Direktur Politeknik Kota Malang, Dr. Isnandar M.T  menyampaikan kunjungan NCTU Taiwan tersebut sangat bermanfaat. Karena ada banyak gagasan dan pemikiran yang bisa dishare dan dipelajari bersama sebagai penguatan untuk pengembangan Politeknik Kota Malang yang memperoleh predikat sebagai Kampus Unggulan sejak 2013, 2014, 2015, dan 2016.

“Hasil diskusi dengan delegasi NCTU yang dipimpin Prof. Jim memberikan inspirasi dan memperkuat icon Politeknik Kota Malang sebagai Innovative Teaching Industry. Hal ini mendorong  Poltekom untuk terus mengembangkan R & D terapan yang dibutuhkan industri,” jelasnya.

Sebagai tambahan, NCTU sendiri merupakan perguruan tinggi yang berorientasi pada riset. Sampai sekarang memiliki riset di bidang nano tech dan semikonduktor, sehingga IC hasil penelitiannya dipakai oleh ASUS, ACER dan sebagainya. NCTU memiliki lebih dari 30 paten tentang salah satunya elektronika semikonduktor, nanotech, hingga organic solar cell.

Disinggung soal kerjasama yang bisa dilakukan setelah adanya pertemuan ini, disampaikan diantaranya adalah studi lanjut program  master dan Ph.D,  dengan beasiswa Taiwan dan joint research. (mt/din)