POLTEKOM Fasilitasi Program Sertifikasi Microsoft Excel Bagi Guru SMA/SMK

POLTEKOM Fasilitasi Program Sertifikasi Microsoft Excel Bagi Guru SMA/SMK
TEORI & PRAKTEK : Umi Laili Yuhana S.Kom, MSc, MOS,  menjelaskan tutorial pengaplikasian Microsoft Excel kepada peserta training terdiri dari guru SMA/SMK se Malang Raya di POLTEKOM, kemarin.

POLTEKOM – Puluhan guru SMA dan SMK se Malang Raya  mengikuti Training Persiapan Sertifikasi Excel yang dihelat sehari di Aula Gedung B kampus Politeknik Kota Malang (POLTEKOM), Jumat (25/8) kemarin.

Kegiatan ini adalah realisasi terbentuknya School Of Reference (SOR) yang diawali penunjukan POLTEKOM sebagai mitra strategis PT. Morison Citra Lisensa (MCL) berkaitan dengan program Sertifikasi & Lisensi produk Microsoft, Auto Desk, Adobe dan HP, beberapa waktu lalu.

Pemateri Umi Laili Yuhana, S.Kom, M.Sc., MOS, dosen Teknik Informatika dari ITS Surabaya menjelaskan kendati Microsoft Excel sudah sangat familiar di kalangan guru, akan tetapi acapkali para guru tidak paham tuntas dari seluruh menu Excel itu sendiri.

“Karena itu dengan pelatihan ini diharapkan guru semakin paham fungsi dan kegunaan Microsoft Excel secara utuh. Harapannya siswa lebih mudah menerima penjelasan guru secara menyeluruh dan tidak sepotong-sepotong,” terangnya disela sesi pelatihan berlangsung.

Yuhana menambahkan, materi pelatihan sehari ini meliputi dasar-dasar Microsoft Excel, materi lanjutan hingga materi pembuatan grafik fungsi. Meski terlihat sudah familiar dengan keseharian mereka, namun peserta tidak bisa menyembunyikan mimik tegang saat mendekati sesi ujian.

“Jujur saya tegang, sebab saya biasa menggunakan excel fersi sederhana, belum semua menunya,” terang salah seorang peserta. (din)