POLTEKOM Bekali Alumni Sertifikat Internasional

POLTEKOM Bekali Alumni Sertifikat Internasional
ITC a
TINJAU : Lenni Elvira Manager ITC Malang (kiri) melihat fasilitas Lab. Bahasa POLTEKOM.

POLTEKOM – Pentingnya kualitas lulusan menjadi pertimbangan utama Politeknik Kota Malang (POLTEKOM). Tahun ini, segera direalisasikan kerjasama dengan International Test Center (ITC) sebuah lembaga Test Bahasa Asing berskala Internasional dengan membuka Test Center di POLTEKOM.
Delegasi ITC pun Kamis (20/8) kemarin datang beraudiensi dengan jajaran manajemen serta melihat langsung kesiapan laboratorium bahasa dan alat kelengkapannya di kampus yang berada di kawasan Malang International Education Park (MIEP) Tlogowaru ini.
“Secara umum kami sangat puas dan yakin dengan kesiapan lab. bahasa di POLTEKOM ini,” ungkap Lenni Elvira, East Java Regional Manager  ITC.

Ditambahkan, konsep Education for All atau pendidikan untuk semua menjadi dasar pertimbangan utama ITC memilih menggandeng kampus unggulan POLTEKOM sebagai salah satu dari 3 (tiga) kampus yang dipilih menjadi Test Center di Malang. Sebelumnya, ITC kerjasama dengan Universitas Brawijaya (UB) yang mewajibkan mahasiswa baru (maba) dan lulusan mengikuti tes TOEIC serta kampus Universitas Machung yang mewajibkan lulusannya ikut tes.
Esensi utama dari tes ini, adalah bukan soal lulus atau gagal tes melainkan untuk mapping. Setelah peserta mengikuti tes dengan standar baku ITC maka bisa diketahui kemampuan setiap peserta kemudian bisa dilakukan treatment yang tepat.
Yang terbaru, masih menurut wanita ramah ini, jika sebelumnya penilaian (scoring) hasil tes ITC harus di kirim ke pusat maka mulai tahun ini scoring sudah bisa dilakukan di Malang.
“Mulai Oktober nanti, skoring ITC bisa dilakukan di Malang sehingga peserta segera bisa mengetahui hasilnya,” ucapnya.
Direktur POLTEKOM, Dr. Isnandar MT. mengatakan, melalui kerjasama ini nantinya lulusan POLTEKOM bakal dibekali Sertifikat TOEIC berskala Internasional. Hal ini sangat penting sebagai bekal kesiapan mereka memasuki dunia kerja.
“Harapan kami, sertifikat Internasional ini semakin melengkapi kompetensi dan mutu lulusan kami,” ungkapnya optimis.
Mantan Pembantu Rektor Universitas Negeri Malang (UM) Bidang Kerja sama ini menambahkan, untuk merealisasikan kerjasama ini akan diawali dengan penandatanganan naskah kerjasama (MoU), Oktober mendatang. Keberadaan Test Center di POLTEKOM ini bukan bersifat eksklusif tetapi terbuka untuk umum, yang artinya bisa melayani perorangan atau lembaga lain seperti kampus-kampus atau sekolah-sekolah di Malang Raya mengikuti tes di POLTEKOM. (din)