POLTEKOM BAND FESTIVAL “De Fest Creativity”

17 – Mei – 2013, Acara yang di selenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Band beserta Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang bertajuk “De Fest Creativity” ini di isi dengan acara utama berupa lomba band SMA/SMK sederajat dan acara puncaknya dimeriahkan oleh 2 band dari UKM yang sama berasal dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) IKAMABAMA ( Ikatan Aktivitas Band Mahasiswa ) ,yaitu “Uncle Bob” dan “Cream in All” sebagai Gueststar-nya.

Acara yang berlangsung mulai jam 13.00 atau jam 01.00 PM waktu setempat ini dibuka oleh Home band POLTEKOM “Blue Screen” dan dilanjutkan dengan lomba dengan 7 peserta dari beberapa SMA/SMK di Kota Malang. Variasi musik dan Genre membuat kreativitas musik yang disajikan oleh para peserta menjadikan Festival ini menarik.

Dari 4 sekolah SMA/SMK yang berbeda para peserta seperti “Last For Today” (SMK 5) , “Time Line” (SMA 8), “Staring In The Silent” (SMA 8), “Secret Valentine” (SMA 8), “Dedikasi” (SMK 5), “Tutup Botol” (SMA 7), “Prime Time” (SMA 4) berusaha memberikan karya terbaik mereka untuk dinilai oleh juri yang diantaranya Bapak Fajar Wahyu (Kaprodi T. Informatika), Ibu Dewi (Dosen Bhs. Inggris), dan Bapak Panji (Dosen T. Informatika), ketiganya diberikan amanat sebagai juri untuk memilih beberapa kategori juara, seperti Bassis terbaik, Gitaris terbaik, Drummer terbaik, juara 3 sampai 1, dan lain – lain.

4 sekolah dan 7 Band yang berbeda, terpilihlah band “Tutup Botol” sebagai Juara pertamanya diteruskan “Last For Today” juara kedua dan “Time Line” sebagai juara ketiganya. Lalu ada juara – juara untuk Best Vocal “Adinda Windi ( Band Tutup Botol )”, Best Guitarist “Adam Islamianto ( Band Dedikasi )”, Best Bassist “Abdur Rosyid ( Prime Time )”, Best Drummer “ Radityo Ari (Staring In The Silent ) ”, dan terakhir Best Perform “Dedikasi”.

Runtutan acara lomba diatas yang dijadwalkan selesai sebelum senja sudah selesai, harus ditunda karena hujan deras mengguyur panggung pertunjukan, acara diundur kira – kira 2 jam lamanya. Semua barang – barang, peralatan panggung diamankan dan tak lupa juga perlengkapan untuk acara pedamping, yaitu bazar makanan yang digelar bersamaan harus diusung ketempat yang aman, karena stan yang digunakan tak memungkinkan.

Ditengah acara, kembali diisi oleh 2 home band dari alumnus POLTEKOM “Onizuka” dan “Sweet Sunday”, lalu dilanjutkan dengan 2 band tamu “Amor Band” dan “Purple Touch”. Selanjutnya acara diisi dengan pemberian hadiah kepada pemenang yang sudah dijurikan. Selain itu, pemberian hadiah juga diberikan kepada para penonton dengan permainan – permainan kecil disela – sela acara, seperti saat para peserta dan peformer melakukan persiapan di panggung.

Puncak acara, sebelum acara ditutup “Uncle Bob” sebagai Gueststar pertama mengisi panggung dengan 6 judul lagu yang mereka bawakan. Di sini audience yang sebelumnya masih banyak terpencar kini mulai berkerumun ke depan panggung. Setelah 6 lagu dibawakan oleh “Uncle Bob”, acara ditutup oleh pembawa acara yang merupkan mahasiswa POLTEKOM “Intan Marpaung” dan “Fathur Bagus” dari jurusan Teknik Mekatronika dan Teknik informatika dengan memanggil gueststar kedua yaitu “Cream In All” dan acara pun berakhir sukses dan aman.

| Wahyudi Kurniawan