Pengembangan Bahan Ajar Multimedia di SMANSA Malang

Pada hari Senin dan Selasa, 21 – 22 Mei 2012 yang lalu, tiga orang staf pengajar Politeknik Kota Malang (POLTEKOM) mendapat undangan untuk menjadi narasumber dalam kegiatan Penguatan dan Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia (E-learning) yang diselenggarakan oleh salah satu sekolah menengah atas favorit di Kota Malang, yakni SMA Negeri 1 Malang atau SMANSA.

Helmy in action

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan serupa yang sudah diselenggarakan sebelumnya, pada tanggal 27 – 29 Desember 2011 yang lalu di sebuah villa di daerah Pacet, Mojokerto. Dengan narasumber yang juga sama, yakni Fajar Wahyu, pengajar dari prodi Teknik Informatika; serta Aditya Kurniawan dan Helmy Mukti H. pengajar dari prodi Teknik Mekatronika.

Peserta kegiatan yang kedua kali ini adalah 20 orang guru yang dianggap memiliki kemampuan lebih dalam penguasaan TIK dibanding para guru lainnya, dan sudah melalui tahap seleksi dari hasil kegiatan workshop yang terdahulu. Fokus dan target kegiatan dua hari kemarin adalah menyelesaikan atau finalisasi terhadap materi yang sudah dikembangkan sebelumnya.

Bahan ajarnya sendiri dikompilasikan dengan memanfaatkan sebuah authoring tool bernama eXelearning. Pada kegiatan awal para guru harus menyiapkan materi yang pada umumnya sudah dimiliki, namun masih berupa dokumen yang terpisah dan dalam format yang beraneka ragam, mulai dari dokumen, slide presentasi, file animasi, file gambar, file audio, file video, maupun format yang lain.

Dengan menggunakan eXe, bahan-bahan yang sudah ada tersebut dikompilasikan dan dikolaborasikan sehingga lebih mudah diakses karena berformat halaman web yang independen dan tidak tergantung pada platform sistem operasi tertentu. Karena hanya membutuhkan software berupa browser atau peramban untuk membukanya.

Selain itu dengan tool ini, para guru yang memang tidak memiliki dasar pemrograman sederhana sekalipun dapat langsung “klak-klik” tanpa repot mempelajari tag maupun markup HTML dan XML-nya.

Hasil projek ini untuk selanjutnya akan dimasukkan sebagai konten intranet (bahkan dipublikasikan lebih luas lagi) di SMANSA sehingga para siswa dapat mengaksesnya anytime & anywhere.

Contoh projek dapat diakses di sini.