Pengabdian Kepada Masyarakat : kegiatan pelatihan Internet dan aplikasi perkantoran kepada guru sekolah dasar di daerah terpencil di kota Malang dan kabupaten Malang

Pengabdian Kepada Masyarakat : kegiatan pelatihan Internet dan aplikasi perkantoran kepada guru sekolah dasar di daerah terpencil di kota Malang dan kabupaten Malang

Upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia, khususnya peningkatan mutu pendidikan Sekolah Dasar masih terus diupayakan, pendidikan dasar merupakan landasan pembentukan pola pikir kepada siswa sebelum melangkah lebih lanjut ke jenjang pendidikan menengah dan pendidikan atas.

Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Dasar, maka diperlukan berbagai terobosan, baik dalam pengembangan kurikulum, inovasi pembelajaran, dan pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa maka guru dituntut untuk membuat pembelajaran menjadi lebih inovatif yang mendorong siswa dapat belajar secara optimal baik di dalam belajar mandiri maupun didalam pembelajaran di kelas. Inovasi model-model pembelajaran sangat diperlukan dan sangat mendesak terutama dalam menghasilkan model pembelajaran baru yang dapat memberikan hasil belajar lebih baik, peningkatan efisiensi dan efektivitas pembelajaran menuju pembaharuan. Agar pembelajaran lebih optimal maka diperlukan berbagai bahan pembelajaran yang harus efektif dan selektif sesuai dengan pokok bahasan yang diajarkan di dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian
Pelaksanaan kegiatan pengabdian dilakukan di dua tempat, tempat pertama adalah di kampus Politeknik Kota Malang, ditunjukkan untuk guru Sekolah Dasar Tlogowaru 1, Sekolah Dasar Tlogowaru 2 dan Sekolah Dasar Wonokoyo 1. Ketiga Sekolah Dasar tersebut dinilai jauh dari pusat kota Malang dan memiliki akses yang terbatas dikarenakan terletak di ujung tenggara kota Malang. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari bertepatan dengan libur semester sekolah dasar.
Kegiatan pengabdian selanjutnya adalah melaksanakan pelatihan di SD Jambuwer 1, SD Jambuwer 2 dan SD Jambuwer 3 Kromengan Kabupaten Malang. Kegiatan ini dilaksanakan di SD Jambuwer 1. Letak ketiga sekolah ini termasuk sulit diakses dikarenakan terletak di pegunungan dan perbatasan kabupaten Malang dengan kabupaten Blitar.
Materi yang diberikan pada kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi pengenalan dan pelatihan aplikasi perkantoran yaitu Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft Powerpoint. Ketiga aplikasi perkantoran ini adalah yang paling sering digunakan dan berhubungan langsung dengan kegiatan belajar mengajar. Materi selanjutnya adalah pengenalan Internet dan aplikasi yang berhubungan dengan Internet seperti email, browsing dan searching.
Untuk menunjang kegiatan lebih lanjut, pihak pelaksana kegiatan pengabdian memberikan buku ajar, modul dan sarana koneksi internet kepada sekolah dasar terkait.

Khalayak Sasaran
Sasaran dalam pelatihan ini meliputi 50 guru dari 6 sekolah dasar meliputi 3 sekolah dasar di kabupaten Malang dan 3 Sekolah dasar dari Kota Malang. Peserta merupakan pengajar baik yangtelah memiliki pengetahuan umum tentang cara dasar menggunakan komputer maupun belum.

Relevansi bagi Guru
Kegiatan pengabdian ini memiliki relevansi dengan kebutuhan guru di lapangan. Berdasarkan hasil survey sebelum pelaksanaan, guru-guru Sekolah Dasar masih mengalami kesulitan dalam menggunakan teknologi informasi, membuat soal ujian, serta pembuatan bahan ajar terutama dalam media elektronik (e-Learning). Karena keterbatasan media dan pelatihan sehingga para guru selama ini masih menggunakan cara konvensional dalam mengajar. Sehingga dengan adanya lokakarya dan pelatihan ini diharapkan guru dapat menggunakan teknologi informasi dalam menyampaikan materi pembelajarannya.
1. Hasil Lokakarya dan pelatihan

Berdasarkan wawancara, tanya jawab dan pengamatan langsung selama kegiatan berlangsung, kegiatan pengabdian pada masyarakat ini memberikan hasil sebagai berikut:
Meningkatnya pengetahuan dan pemahaman guru Sekolah Dasar dalam kemampuannya menggunakan komputer, aplikasi perkantoran dan Internet.
Meningkatnya keterampilan guru Sekolah Dasar dalam pembuatan bahan ajar, soal, dan perangkat pembelajaran sesuai dengan standar kompeten guru dalam menyampaikan pembelajaran.

2. Faktor pendukung dan faktor penghambat

Beberapa faktor yang mendukung terlaksananya kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah besarnya minat dan antusiasme peserta dari selama kegiatan, sehingga kegiatan berlangsung dengan lancar dan efektif.
Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu dan tempat kegiatan pelatihan, serta masih kurangnya ketersediaan alat-alat pendukung teknologi informasi di sekolah untuk merealisasikan hasil kegiatan pasca kegiatan pelatihan ini.