Peluang Kerja Teknik Telekomunikasi Menjanjikan

Peluang Kerja Teknik Telekomunikasi Menjanjikan
Kuliah Tamu
BAGI ILMU : Firdaus Mulia Rahman dari Telkom Akses menunjukkan teknik penyambungan kabel fiber optic kepada peserta kuliah tamu.

POLTEKOM – Dunia kerja di bidang Telekomunikasi yang terus berkembang seiring kemajuan teknologi masih terbuka sangat lebar bagi lulusan Teknik Telekomunikasi (TT), karena itu persiapkan diri anda sebaik-baiknya menyongsong masa depan dan segera bergabung di dunia Telekomunikasi yang sangat menarik & menantang.
Demikian disampaikan Tri Mega Wijayanto dari Panasonic ITComm (PT. Damai Sejati) dalam Kuliah Tamu dengan tema “Dunia Kerja Teknik Telekomunikasi” yang diselenggarakan Program Studi (Prodi) Teknik Telekomunikasi (TT) Politeknik Kota Malang (POLTEKOM) di gedung B kampus setempat, Sabtu (17/10) kemarin.
Selain Mega, sapaan akrab Tri Mega Wijayanto juga hadir alumni lain sebagai pemateri yakni Yongky Eks Molten & Firdaus Mulia Rachman (Telkom Akses) serta pemateri via Video Conference yakni Yosef Dwi PM. dari PT. Omron Manufacturing of Indonesia (OMI) Cikarang Jawa Barat.
“Mumpung masih kuliah, perdalam ilmu anda sebaik-baiknya karena itu sangat berguna nanti saat sudah bekerja,” tukasnya penuh motivasi.
Selain berbagi tips pemateri lain Firdaus Mulia Rahman alumni TT POLTEKOM angkatan 2011 ini juga berbagi ilmu tentang teknik penyambungan kabel optic secara baik & benar
Sementara itu, menjawab sesi tanya jawab tentang mata kuliah apa yang di butuhkan di dunia kerja dengan lugas pemateri kompak menjabarkan semua mata kuliah yang didapat di TT POLTEKOM terintegrasi menyeluruh dan sangat berhubungan dengan dunia kerja saat ini.
Mega menyebut mata kuliah Teknik Digital, Elektronika, Jaringan Komputer, Rangkaian Listrik, Gambar Teknik, Pemrograman, Sistem Komunikasi Optik dll semua melengkapi kompetensi lulusan ahli madya POLTEKOM.
Bahkan, lanjutnya, keputusannya bertahan di prodi TT kemudian menekuninya hingga lulus berbuah manis yakni ketika dirinya beserta rekan seangkatan lain dinyatakan lolos seleksi bekerja sebelum wisuda tahun 2014 lalu di PT. Damai Sejati (Panasonic ITComm) hingga saat ini.
“Awalnya ingin pindah, untungnya saya ‘keukeuh‘ bertahan kuliah di Teknik Telekomunikasi, sehingga bisa menjadi seperti sekarang memberi kuliah tamu kepada adik angkatan,” jelasnya mengenang masa kuliah disambut tepuk tangan menggema di aula lt. 3 gedung B kampus unggulan.
Yosef Dwi PM. melalui teleconference banyak memberi motivasi peserta kuliah tamu. Menurut dia, dari sisi skill lulusan POLTEKOM sejajar dengan lulusan PT manapun di Indonesia. Salah satu kunci sukses didunia kerja terutama dalam memenangkan persaingan adalah meningkatkan softskill dan rasa percaya diri.
“Karena itu penting,” tukas lajang yang gemar bermain futsal ini.
Ditanya soal gaji, dengan agak segan Leader Production di PT Omron Manufacturing of Indonesia (OMI) ini akhirnya buka-bukaan dengan menyebut angka 7 jutaan untuk posisi yang diduduki sekarang. Kontan pengakuan jujur tersebut memancing aplaus peserta kuliah tamu.
Ketua Program Studi TT POLTEKOM Harnan Malik Abdullah, ST, M.Sc menjelaskan sejauh ini lulusan TT banyak ditunggu perusahaan maupun kalangan industri. Contohnya saja angkatan 2011 yang lulus tahun 2014, semuanya diminati PT. Damai Sejati (Panasonic ITComm) sehingga perusahaan yang lain hampir tidak kebagian.
“Ini yang amat sangat membanggakan kami,” jelas alumni program magister di Thai-German Graduate School of Engineering (TGGS) King Mongkuts University of Technology di North Bangkok (KMUTNB) Thailand ini. (din)