Liburan,  Mahasiswa Betah ‘Ngampus’

Mahasiswa bermain tenis meja mengisi waktu libur semester di POLTEKOM.
Mahasiswa bermain tenis meja mengisi waktu libur semester di POLTEKOM.

“Musim liburan semester telah tiba, sesuai jadwal kalender akademik POLTEKOM jadwal libur semester gasal adalah tanggal 23 Februari sampai dengan 20 Maret 2015. Namun di kampus POLTEKOM sejumlah mahasiswa terlihat tetap aktif & bersemangat ‘ngampus’ (istilah untuk mereka yang datang ke kampus, red) layaknya jam perkuliahan biasa jam 07.00-15.00 WIB.  Apa saja yang mereka lakukan? Dan mengapa mereka begitu betah berlama-lama ‘ngampus’?”.

 

Pagi kemarin (Senin, 2 Maret 2015) jam masih menunjukkan pukul 07.15 WIB. Cuaca cukup bersahabat ditandai langit biru cerah membentang dihiasi awan putih nan cantik menggumpal membentuk pemandangan menawan. Deru kendaraan bermotor tidak terlalu bising lalu lalang melingkupi kampus hijau Politeknik Kota Malang atau yang akrab di sapa POLTEKOM, di kawasan komplek pendidikan Internasional Tlogowaru. Maklum, sesuai kalender akademik hari-hari ini adalah musim libur semester gasal 2014/2015 sehingga volume kendaraan tidak terlalu padat sebagaimana jadwal kuliah efektif.

Satu persatu dosen dan karyawan POLTEKOM telah tiba dan melakukan absensi finger sebelum jam 07.00 WIB sebagaimana standar operasional prosedur (SOP) di kampus ini. Ada juga satu dua yang datang terlambat mungkin karena izin keperluan keluarga, ban bocor  atau keperluan lain. Meski libur semester mereka tetap penuh semangat ngantor sebagaimana biasa dan tetap memberikan layanan akademik kepada mahasiswa yang membutuhkan.

Beranjak siang suasana kampus yang  di kelilingi areal perkebunan tebu ini mulai dikunjungi mahasiswa. Tidak banyak memang jumlahnya, sebagian mahasiswa asli Malang dan sebagian lagi putra luar daerah yang belum memilih pulang ke daerah asal.

Rata-rata mahasiswa yang ngampus, berkerumun di aera hotspot di meja taman maupun di gazebo gedung A dan B. Bermacam-macam yang mereka lakukan baik sendiri maupun bergerombol dengan teman kulaih lain. Ada yang browsing, searching memanfaatkan fasilitas wifi gratis yang disediakan kampus milik Pemkot Malang ini. Di sudut yang lain ada juga mahasiswa terlihat diskusi serta sebagian lagi tampak menikmati fasilitas olah raga terbaru, berupa tenis meja bersama dosen dan karyawan.

Rizki Kurniawan Syah mahasiswa Teknik Mekatronika (TM) salah satunya, yg mengaku setiap hari ke kampus karena banyak hal yang bisa di lakukan bersama teman-teman kuliahnya.

“Kalau ke kampus saya bisa bertemu teman-teman,” ucapnya.

Lajang asli Dampit ini menyebut, kalau ke kampus ia dan teman-teman bisa internetan gratis melihat-lihat kemajuan teknologi di belahan dunia lain sekaligus mencari ide persiapan TA nya. Menurutnya sayang fasilitas gratis yang disediakan kampus kalau tidak dimanfaatkan.

Lain Riski lain juga Agus Saputra mahasiswa semester 3 Teknik Informatika (TI), yang mengaku betah di kampus lantaran masih mengurusi registrasi di BAUK dan sibuk di UKM Futsal.

“Daripada nganggur di kosan mending datang ke kampus bisa sharing apa saja dan menyalurkan ide positif,” jelas alumni MAN 2 Bojonegoro ini.

Agus yang tahun lalu lolos PIMNAS bersama tim Aplikasi Budaya Jawa (APBUJA) POLTEKOM ini mengaku betah kuliah di POLTEKOM dan berencana tetap pulang kampung ke Tuban liburan semester ini. Hanya saja liburan mudik menjenguk orang tua dan keluarga tidak terlalu lama, kira-kira di minggu terakhir libur kuliah.  (Muh. Syafruddin)