Konsolidasi BPC PERHUMAS Malang Raya

Konsolidasi BPC PERHUMAS Malang Raya
2
SOLID : Pelatihan Kehumasan dilanjut rapat pengurus PERHUMAS Malang Raya di awal kepengurusan PERHUMAS 2016 – 2020, di kampus Universitas Widya Karya Malang.

POLTEKOM – Membuat Video Profile (VP) sebuah instansi atau perusahaan  idealnya 4 – 7 menit, lebih dari itu penonton sudah mulai jenuh dan akibatnya informasi yang ingin disampaikan menjadi bias. Tempatkan penekanan informasi seluas-luasnya tentang instansi yang dipublikasikan,  40 detik pertama dengan tepat dan jelas. Sementara waktu tersisa bisa diisi kumpulan aktifitas, testimoni, bencmark maupun informasi penting lain.

Demikian disampaikan Setiabudi Sakaria pemateri di acara Pelatihan Kehumasan & Rapat Koordinasi BPC PERHUMAS (Perhimpunan Hubungan Masyarakat) Malang Raya yang dihelat di Universitas Widya Karya Malang, Rabu (16/8) kemarin.

Selain beberapa tips tadi, pria yang juga Ketua PERHUMAS yang baru ini memberikan tips & trik lain seputar pembuatan VP yang selama ini banyak diindahkan orang mulai kualitas gambar maupun suara. Untuk tahapan pembuatan VP dijelaskan dia mencakup Plan, Film serta Post.

Pada tahap Plan atau perencanaan mencakup commitment, tag line, duration, file size, recording schedule hingga story board. Tahap pembuatan Film terdiri dari pengetahuan ttg videografi seperti golden hour, noice, voice, point of view, depth of file, camera angle dan image size. Sementara tahap Post terdiri dari framing, graphic design, narasi, voice mixing hingga teknik dubbing.

“Dalam story board ini kita perlu mencatat sedetil mungkin di story line, mana-mana saja yang harus di capture agar sesuai perencanaan,” jelas pria ramah ini.

Sementara itu di sesi pertemuan pengurus, disepakati keanggotaan tidak lagi eksklusif humas perguruan tinggi saja, melainkan berubah sesuai perubahan poin 2 Misi PERHUMAS yang berbunyi membangun citra positif institusi pendidikan, pariwisata, industri dan pemerintahan secara berkesinambungan.

“Kita tadi kompak  mengusulkan Humas Pemda maupun Muspida dimasukkan dalam keanggotaan,” ucap Humas Poltekom Muh. Syafruddin yang juga Ketua Bidang Komunikasi dan Publikasi didampingi Ketua Bidang Penelitian Maulina Pia Wulandari dari FISIP UB.

Dengan begitu, keanggotaan PERHUMAS bakal semakin kokoh karena semua unsur bisa melebur dalam satu wadah yang sama sesuai visi PERHUMAS yakni menjadi forum komunikasi humas yang profesional dan kredibel untuk meningkatkan citra positif Malang Raya secara regional, nasional dan internasional.. Dalam acara ini juga sudah dihadiri perwakilan  humas industri maupun perhotelan.

Penasehat  PERHUMAS Malang Raya  Zulkarnain Nasution menandaskan,  kepengurusan masa bakti 2016-2020 ini akan segera dikukuhkan. Karena itu pihaknya segera merekap nama pengurus baru dan segera berkonsultasi ke PERHUMAS pusat untuk legalisasi.

“Akhir bulan ini mudah-mudahan semuanya beres,” jelas Sekretaris Jurusan PLS di UM ini. (din)