Jaring Bibit Penulis Muda

BAHAGIA : Para Pemenang Lomba Resume Buku (LRB) POLTEKOM berfoto bersama Bagus Gunawan S.Pd, M.Si Direktur POLTEKOM,  Dr. Shodiq A. Wahid M.Pd  Pudir 3 dan Muh. Syafruddin, S.Pd  Kepala Perpustakaan POLTEKOM

Memperingati Hari Buku Sedunia

MALANG – Raut wajah bahagia terpancar dari tiga dara cantik  di sela-sela pelaksanaan senam pagi di Politeknik Kota Malang (POLTEKOM) pagi kemarin. Ya, mereka baru saja dinobatkan menjadi pemenang 1, 2 dan 3 pada Lomba Resume Buku (LRB) memperingati World Book Day (hari buku sedunia) tanggal 23 April yang dihelat Perpustakaan POLTEKOM.

Mereka adalah Dessy Tridita Putri  dari Teknik Telekomunikasi (TT)  sebagai Juara pertama, disusul  Siti Jubaidah dari Teknik Informatika (TI) sebagai juara kedua dan Nur Wachidah sebagai juara ketiga dari Teknik Telekomunikasi (TT).  Selain mendapat sertifikat para pemenang juga mendapatkan uang pembinaan masing-masing Rp. 250.000,00 untuk juara pertama, juara kedua mendapatkan Rp. 150.000,00  dan  juara ketiga memperoleh uang pembinaan sebesar Rp. 100.000,00.

“Terima kasih ya ,,, terima kasih,” ungkap ketiganya  bergantian saat menerima ucapan selamat dari seluruh sivitas akademika POLTEKOM.

Muh. Syafruddin Kepala Perpustakaan POLTEKOM menjelaskan kegiatan lomba Resume Buku (LRB) kali pertama ini merupakan even spesial memeriahkan peringatan World Book Day (Hari Buku Sedunia) yang dirayakan setiap tanggal 23 April.

Pada lomba tersebut, panitia menyediakan puluhan buku-buku fiksi koleksi terbaru perpustakaan diantaranya buku berjudul ‘Meniti Diatas Kabut’ karya Abu Umar Basyier, ‘9 Matahari’ karya Adenita, ‘Get Your Love’ karya John Afifi, ‘Romeo Juliet’ karangan Shakespeare hingga novel Best Seller Nasional berjudul ‘Negeri  5 Menara’ karya A. Fuadi.

“Teknis lombanya, setiap peserta kami wajibkan meringkas isi buku yang dipilih sesuai cita rasa mereka masing-masing,” ungkapnya.

Hasil resume buku yang dikumpulkan peserta ke panitia tersebut dibatasi sebanyak 2 halaman folio garis.  Ketentuan ini dimaksudkan untuk memberikan keleluasaan bagi para peserta dalam mengeksplor pemikiran, gagasan dan ide mereka atas isi buku yang mereka ringkas.

Dengan cara ini diharapkan membangkitkan minat baca di kalangan mahasiswa dan terutama sekali untuk memunculkan bibit-bibit penulis muda berbakat yang lahir dari POLTEKOM. Karena pada dasarnya transfer pengetahuan dengan mudah dapat dilakukan apabila ada kemauan untuk belajar.

“Dan kunci sukses dalam belajar adalah diawali dengan membaca,” tandas mantan wartawan ini.

Bagus Gunawan, S.Pd, M.Si  Direktur POLTEKOM memberikan apresiasi positif atas terselenggaranya kegiatan lomba ini.  Menurutnya, kapabilitas mahasiswa harus terus ditingkatkan melalui upaya-upaya positif dan kontruktif yang dilakukan di lingkungan kampus. Salah satunya dengan penyelenggaraan lomba meringkas (resume) buku ini.

Di dunia mahasiswalah lanjutnya, kesempatan bagi mahasiswa terutama dalam mengeksploitasi  dan mengaktualisasikan  nilai-nilai, ide dan gagasan yang dimiliki sesuai dengan potensi yang dimiliki. Sebelum lulus kuliah dan terjun ditengah-tengah masyarakat.

“Saya juga sepakat sekali dengan tema yang diangkat panitia  lomba yaitu Buku Adalah Jendela Informasi Peradaban Dunia,” pungkasnya. (din)

Wikipedia: B is the second letter in the ISO basic Latin alphabet.