Hari Pahlawan, POLTEKOM Gelar Pengobatan Gratis

Hari Pahlawan, POLTEKOM Gelar Pengobatan Gratis

POLTEKOM – Politeknik Kota Malang merayakan hari Pahlawan dengan menggelar pengobatan gratis bagi warga masyarakat kelurahan Tlogowaru, Sabtu (25/11) kemarin. Kegiatan sehari di kampus setempat ini bekerja sama dengan Malang Care.
Selain pengobatan gratis, juga dilakukan edukasi kesehatan bagi masyarakat Kedungkandang dan sekitarnya, terutama menyangkut perilaku sehat dan membiasakan pemeriksaan kesehatan secara rutin.
“Alhamdulillah, kegiatan menyambut hari pahlawan ini disambut baik warga di wilayah Kecamatan Kedungkandang,” ungkap Wadir 2 POLTEKOM Bagus Setyo Widodo, ST, M.MT

Sekjen Malang Care Dinar Hana Sandriyantien Wahyuni menjelaskan, para dokter yang memeriksa kesehatan warga menemukan gangguan kesehatan terbanyak yang diderita adalah darah tinggi atau hipertensi.Namun selama ini banyak warga yang tidak menyadariya.
”Mereka tidak sadar ketika ditensi tekanan darah mereka tinggi. Ketika ditanya apakah sudah pernah memeriksa kesehatan,rata-rata dari mereka masih belum periksa. Sebab belum mempunyai BPJS,” jelasnya.
Dinas HSW mengatakan, para petani yang belum mengikuti BPJS kesehatan karena belum mengetahui prosedure mengurus BPJS. Kurangnya sosialisasi menyebabkan mereka tidak sadar akan kesehatanya.
Hal tersebut membuat tim Malang Care berinisiatif menyediakan layanan informasi, sosialisasi atau bahkan pembukaan BPJS untuk pengobatan gratis di kegiatan selanjutnya.
”Nanti kami akan menyiapkan satu meja lagi untuk layanan BPJS,kami menyediakan printer, dan formulir untuk membantu mereka mendaftarkan,” kata wanita murah senyum ini.
Sangat disayangkan lanjutnya, jika program pemerintah ini tidak dimanfaatkan sebaik mungkin. Menurutnya, para petani akan lebih peka ketika mereka sering periksa kesehatan setiap ada sedikit keluhan. Dan BPJS adalah salah satu layanan yang harus digunakan untuk pemeriksaan. (din)