“Go Green – Gerakan Hidup Bersih” at CFD

“Go Green – Gerakan Hidup Bersih” at CFD
received_10202979798854383
PEDULI : Staf POLTEKOM tampak memunguti sampah di areal CFD Jl. Ijen Malang

POLTEKOM – Ratusan pasang mata takjub saat melihat korps berbaju putih serentak memunguti sampah yang berserakan di arena Car Free Day (CFD) Jl. Ijen Minggu (17/5) pagi kemarin. Ya, mereka adalah rombongan keluarga besar Poltekom terdiri pimpinan, dosen & karyawan Politeknik Kota Malang (Poltekom) yang tengah menggelar aksi “Go Green – Gerakan Hidup Bersih”. Dengan penuh antusias rombongan yang dipimpin langsung Direktur Poltekom itupun menyisir sampah-sampah yang ditinggalkan pengunjung CFD.

Drs. Supandi, S.Pd, M.Si, Direktur Poltekom menjelaskan gelaran go green ini untuk mendukung kebersihan lingkungan yang digalakkan Pemerintah Kota (PEMKOT) Malang guna mempertahankan Adipura yang diraih tahun 2014 lalu. Karena kegiatan bersifat gerakan hidup bersih maka akan digelar berkesinambungan setiap minggu dengan lokasi yang berbeda-beda.

“Minggu ini di CFD, bisa jadi minggu depan di tempat lain,” cetusnya.

Pak dir – sapaan akrabnya menambahkan, sebagai gerakan yang bermaksud mengajak masyarakat sadar akan kebersihan lingkungan maka disepanjang arena CFD tersebut pengunjung diajak peduli dengan kebersihan. Setiap sampah berserakan yang ada disekitar pengunjung bisa mereka ambil sendiri kemudian disetorkan kepada tim Go Green Poltekom.  Minimal ajakan ini mampu mengingatkan masyarakat turut berpartisipasi memelihara kebersihan dimanapun mereka berada dan biasa membuang sampah ditempatnya.

“Sifat kampanye go green ini adalah ajakan hidup bersih dan harus dimulai dari diri sendiri,” jelasnya.

Tak pelak, sepanjang gelaran aksi tersebut pengunjung CFD salut dan sebagian ikut memunguti sampah yang disodorkan tim Go Green Poltekom. Anak-anak maupun orang tua tampak rela membantu tim memunguti sampah disekitar mereka  serta dimasukkan tas kresek yang disiapkan tim.

Yang cukup unik, Holyda Bavana – salah seorang staf Poltekom, terlihat cukup bersemangat memunguti kertas maupun bungkus makanan ditengah jalan. Sakit semangatnya Holi – sapaan akrabnya hampir tertabrak dokar yang berjalan cukup kencang mengitari Jl. Ijen.

“Holll ,,,  awas hooooooolll,” teriak beberapa kru Poltekom meneriaki agar lebih waspada.

Salah seorang pengunjung CFD mengaku mengapresiasi gerakan yang dilakukan tim Poltekom. Kepada salah satu kru mereka menuturkan apresiasinya atas inisiatif gerakan peduli lingkungan ini, bahkan cewek berkulit sawo matang ini turut memungut sampah yang terdapat di bawah kakinya.

“Acaranya (Go Green, red) sudah bagus. Hanya jika petugasnya memakai sarung tangan akan lebih bagus lagi,” urai cewek berambut sebahu tersebut seperti dituturkan kepada Soni Hariadi (staf Poltekom).

Apapun itu, sepertinya gerakan seperti ini perlu didukung dan mudah-mudahan bisa berjalan berkesinambungan.  Bagaikan bola salju yang turun ke bawah menggelinding membesar serta melibatkan peserta lebih banyak lagi. Semoga !!!   (din)