GERAKAN SHALAT BERJAMAAH DI POLTEKOM

GERAKAN SHALAT BERJAMAAH DI POLTEKOM

2-6 salat berjamaah

POLTEKOM – Gerakan salat berjamaah di awal waktu yang ramai diperbincangkan di berbagai tempat termasuk melalui Surat Edaran Walikota Malang Nomor 222/SE/1397/35.73.133/2016 tentang imbauan melaksanakan Salat Berjamaah ternyata sudah dilaksanakan di Masjid As-Shifa kampus Politeknik Kota Malang, setahun terakhir. Bahkan gerakan inipun sudah resmi dilakukan melalui edaran resmi Wakil Direktur (Wadir) 1 Bidang Akademik kepada semua sivitas akademika di Politeknik Kota Malang khususnya beragama Islam melalui edaran Nomor : 003/POLTEKOM/WD1/10.2015.
Dalam edaran itu sekaligus berisi tata cara dan 5 langkah yang bisa dilakukan Kaprodi agar mendistribusikan surat edaran kepada dosen wali dan dosen pengampu mata kuliah agar menjadi pelopor salat berjamaah bagi mahasiswa yang beragama Islam.
Ketua Takmir masjid Ash Shifa Poltekom Redi Bintarto menuturkan gerakan ini dimaksudkan sebagai anjuran untuk memakmurkam masjid. Disamping juga untuk melaksanakan kewajiban manusia beribadah kepada Sang Khalik Allah SWT.
“Ibadah salat merupakan kewajiban seorang muslim dan lebih afdol jika berjamaah,” terang nya.
Alumnus program magister di University of Wollonggong Australia ini berharap dengan himbauan ini di Politeknik Kota Malang akan terwujud amar makruf (menyeru kepada kebaikan) dan nahi mungkar (mencegah terjadinya kemungkaran) sehingga kampus unggulan ini selalu dalam lindungan Allah SWT.
Apabila niatan salat lanjut dia, diejawantahkan disetiap langkah dan gerak dengan niat mendirikan salat dan bukan bukan sekedar mengerjakan salat, maka maknanya akan semakin mendalam. Dan setiap civitas akademika Politeknik Kota Malang akan berusaha menjaga nilai-nilai salatnya. Karena amaliyah mendirikan salat berlaku disepanjang aktifitas manusia sebaliknya jika niatnya cukup mengerjakan salat maka tidak ada ikatan moral sama sekali.
Bahkan secara bergiliran lanjutnya, takmir juga menjadwalkan dosen & karyawan bergantian mengisi kuliah tujuh menit (Kultum) setiap usai salat duhur. Perputaran jadwal ini sebagai upaya pembelajaran bagi semua agar siap senantiasa memimpin diri sendiri dan orang lain.
“Mudah-mudahan dengan upaya ini kampus Poltekom selalu mendapat berkah,” tukasnya seraya menyebut empat tahun terakhir Poltekom langgan menerima penghargaan Anugerah Kampus Unggulan. (din)