Budaya Industri Ada di Poltekom

Budaya Industri Ada di Poltekom

2

POLTEKOM – Budaya disiplin tinggi, etos kerja, kerjasama tim, keselamatan kerja, tepat waktu mengerjakan pekerjaan hingga tanggung jawab sudah menjadi menu sehari-hari mahasiswa Politeknik Kota Malang (Poltekom). Sikap mental dan budaya industri ini sudah  dirasakan sejak awal mengikuti perkuliahan  tahun 2010 hingga lulus 2013 silam di Kampus Unggulan Poltekom.

Demikian disampaikan Chief Creatif Officer PT. Sekawan Media Asmaul Husna saat memberikan testimoni di acara penyambutan calon mahasiswa baru (camaba) asal Tulungagung program Bidikmisi & Reguler di kampus setempat, Senin (25/7) kemarin.

“Setiap hari kuliah mulai jam 07.00 – 15.30 WIB selalu saya ikuti,” ungkap alumni Teknik Informatika (TI) seakan mengenang.

Bahkan teman-teman kosnya yang berkuliah di kampus lain sering menyindir model perkuliahan yang dijalaninya terutama waktu perkuliahan yang padat serta masih ditambah sering mengerjakan tugas di rumah setiap hari.

Teman-teman kos, ditambahkan husna sering mengkritik dan mengatakan model perkuliahan yang saya ikuti sangat ketat dan terkesan ‘ngoyo’ dengan seabrek tugas. Berbanding terbalik dengan mereka para pengkritik yang kuliahnya terkadang pagi, besoknya siang saja dan kadang lusa libur. Tapi itu diakuinya yang membuatnya lebih matang dan banyak mengetahui tentang dunia informatika.

Selama tiga tahun kuliah di Poltekom, alumni angkatan 2010 ini menyebut belum pernah sekalipun merasakan ada jam kosong. Selalu saja ada dosen pengampu mata kuliah  plus tugas mandiri.

“Alhamdulilah, berkat Poltekom akhirnya kami berempat sesama alumni sepakat mendirikan perusahaan sendiri,” tuturnya.

Untuk merekrut karyawan, masih menurutnya kini di PT. Empat Sekawan juga melakukan hal serupa dengan melihat histori perkuliahan pelamar untuk melihat sikap mental calon staf mereka,  agar mendapatkan SDM yang memiliki sikap mental & karakter calon tenaga kerja paling dicari tenaga kerja di Industri seperti  Tekun, Tangguh, Ulet, Trampil, Cerdas, Disiplin serta Pekerja Keras

Lain halnya dengan alumni lain yakni Muhammad Ilhamuddin pendiri CV. Aptikma Indonesia. Dia menyebut awal kuliah 1 Oktober 2012 dirinya hanya mengetahui Ms Word, Ms Excell dan Mozilla Firefox.

“Ketika masih mahasiswa, saya punya pengalaman lucu,”terangnya.

Suatu saat, ilham melanjutkan, dirinya ‘ngenet’ di salah satu warnet di Malang.  Ketika menyalakan komputer dan mengetahui warnet itu menggunakan Chrome dan bukan Mozilla, terpaksa dia pamit tidak jadi ngenet dengan alasan lupa password. Sebab yang dia kenal hanya Mozilla Firefox sehingga takut tidak bisa membuka dan mengoperasikan Chrome.

“Itu karena saya tidak PD tapi itu cerita dulu. Kini setelah lulus dari Poltekom tepatnya 1 Oktober 2015, saya sudah terbiasa membuat aneka Aplikasi Web, Aplikasi Desktop dan Aplikasi Mobile,” ungkap pengusaha muda yang ini sudah memiliki 9 karyawan ini disambut aplaus meriah ratusan camaba asal Tulungagung. (din)