Alumni Teknik Bekerja di Bank, Why Not ?

Alumni Teknik Bekerja di Bank, Why Not ?

POLTEKOM – Siapa bilang lulusan teknik tidak bisa bekerja di bank. Lihat saja sederet alumni Politeknik Kota Malang (Poltekom) yang sukses berkiprah di sejumlah Bank ternama di Malang dan Jawa Timur. Sebut saja Winjani Ayu Putri Maruno (Bank Mandiri – Surabaya)  dan Wahyu Tri Susanti  (BCA Malang) keduanya alumni Teknik Informatika (TI).

Ada juga alumni Teknik Telekomunikasi (TT) seperti Fitra Ana Mido (Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jatim) Malang, Dyan Yulfiaini (Bank Mandiri – Malang), Tedi Samiaji Manggala Putra (BRI Malang) dan beberapa alumni lain.

Pembantu Direktur (Pudir) Bidang Akademik Andik Atmaja, ST, MT, menuturkan banyaknya lulusan Poltekom yang berkiprah di dunia perbankan tak lepas dari   kesesuaian keduanya. Dimana dunia perbankan memerlukan tenaga terampil dan handal tingkat Madya di bidang Information and Teknology (IT) sebaliknya Poltekom yang menyediakannya.

“Kurikulum yang kami siapkan pun mengacu kebutuhan industri,” terangnya.

Lebih lanjut, Andik menambahkan lapangan pekerjaan lulusan Poltekom sangat luas, selain dunia perbankan alumni Poltekom juga bisa berkiprah di industri sesuai prodinya, meliputi bisnis ritel, perdagangan, property hingga instansi pemerintahan. Bahkan untuk yang ingin berwirausahapun di fasilitasi melalui Mata Kuliah Kewirausahaan di semester V dan VI.

“Saat kuliah mahasiswa juga praktek dan mendapat pinjaman modal usaha,” tandasnya.

Lebih rinci, alumni Program Magister Teknik Elektro dari Universitas Indonesia (UI) ini merinci untuk lulusan TI  bisa di salurkan ke industri, real estate, software house, instansi pemerintah (Kementrian Komunikasi & Informasi, Departemen PU, Bappeda, Bappenas, Kementrian Perumahan Rakyat), lembaga penelitian dan sebagainya.

Lulusan TT  bisa bekerja di perusahaan Telekomunikasi karena selama  kuliah dibekali materi Teknik Komputer & Security Jaringan dan Teknik Jaringan Telekomunikasi. Mereka juga bisa berkiprah di perusahaan yang bergerak bidang Operator Telekomunikasi, Fiber Optik, Perkapalan, Manufaktur, Relay Perangkat Elektronik (RPE), Kementrian Komunikasi & Informasi (Kominfo) dan lain-lain.

Sementara lulusan TM dan Teknik Alat Berat bisa bergabung ke perusahaan manufaktur, pertambangan,  industri alat berat, Departemen Pekerjaan Umum (PU) serta perusahaan dan departemen yang terkait dengan pemanfaatan bahan tambang dan mineral. (din)