Alumni Sukses Teknik Mekatronika Berbagi Tips

Alumni Sukses Teknik Mekatronika Berbagi Tips
pilih (2)
SERAP ILMU : Mahasiswa mengikuti kuliah tamu di aula gedung B, Poltekom Senin (9/11) kemarin.

POLTEKOM – Kejelian membuat surat lamaran kerja maupun curriculum vitae (CV) saat mengajukan lamaran pekerjaan perlu dilakukan pelamar agar menarik perhatian saat sesi wawancara. Tips lain, yakni mengenakan busana mencolok serta mengucapkan salam tertentu serta mengajukan pertanyaan brilliant bisa dilakukan saat sesi wawancara berlangsung.
Beberapa tips wawancara tersebut dikupas habis Efraim Roh Imanuel. A.Md, alumni Teknik Mekatronika (TM) Politeknik Kota Malang (POLTEKOM) yang kini berkiprah di PT. Amerta Indah Otsuka, Pasuruan Jawa Timur saat memberikan kuliah tamu di kampus unggulan tersebut, Senin (9/11) kemarin.
“Ibarat berpacaran, kita kerahkan segenap potensi untuk menarik perhatian lawan jenis kita,” urai Epam sapaan akrabnya kepada tim Humas.
Busana misalnya, lanjutnya, jika pelamar tidak diharuskan menggunakan busana putih, pelamar bisa memilih warna mencolok (merah, red) misalnya agar penanya atau interviewer mudah mendeteksi pelamar.
Lebih lanjut, penyuka teater ini menambahkan, penulisan nomor HP di CV juga tidak bisa disepelehkan. Perlu diberi partisi 3 atau 4 angka agar memudahkan mengeja atau mengingat nomor. Mengapa perlu dilakukan? Menurutnya, personalia atau bagian SDM perusahaan adalah manusia biasa yang juga mengalami kelelahan fisik maupun emosional. Jika keberadaan pelamar ada yang spesifik, tentu menjadi atensi tersendiri.
“Nomor HP juga haram jika berganti-ganti, konyol itu namanya,” tandas alumni SMKN 8 Malang ini.
Epam menyebut, yang tak kalah penting juga adalah sebelum lulus atau semester V mahasiswa sudah aktif mengirim lamaran sebanyak-banyaknya, tidak perlu menunggu wisuda. Sebab jika beruntung perusahaan siap menerima karyawan sesuai skill yang dibutuhkan. Perusahaan tidak mempermasalahkan menerima karyawan sebelum proses wisuda.
Penyuka kutipan Kotaro Minami “Kalau aku tidak berubah, maka aku akan kalah” ini berpesan, agar pelamar tidak meremehkan meng-upload lamaran di website jobstreet.com. serta meng-update-nya 3 hari sekali. Pasalnya, ia beberapa kali dipanggil wawancara perusahaan skala nasional untuk sesi wawancara padahal belum apply atau melamar.
Dr. Isnandar, M.T Direktur Poltekom mengatakan, program kuliah tamu mendatangkan alumni menjadi bagian penting dilakukan Poltekom akhir-akhir ini. Sebelumnya alumni yang bekerja di perusahaan asing (Jerman) di Batam juga berbagi tips kepada adik angkatan.
“Harapannya agar terbangun link dengan alumni serta mereka bisa berbagi tips kepada adik kelasnya,” papar mantan Pembantu Rektor Bidang Kerjasama di Universitas Negeri Malang (UM) ini. (din)