Ajang Kreasi Fotografi, UPFP POLTEKOM Unjuk Karya

Ajang Kreasi Fotografi, UPFP POLTEKOM Unjuk Karya

MALANG – Ada pemandangan berbeda di sepanjang gedung B kampus Politeknik Kota Malang (POLTEKOM) kemarin. Sebanyak 78 karya foto mahasiswa dan civitas akademika kampus tersebut tengah dipamerkan mulai Minggu (15/12) hingga Kamis (19/1) ini, sehingga banyak menarik minat mahasiswa yang melintas. Apalagi ukuran foto yang ditampilkan cukup besar yakni A3 +.
Dari banyaknya karya yang ditampilkan menyebabkan gedung B yang menjadi basis perkuliahan dan praktek mahasiswa Teknik Informatika menjadi hiruk pikuk. Terlebih saat jam istirahat dan pulang kuliah.
“Hmm, bagus-bagus ya karya fotonya,” terang Icha salah satu mahasiswi.
Ketua Panitia pameran Ilham Arianda menyatakan, pameran foto ini diadakan untuk mewadahi minat dan bakat mahasiswa yang tergabung dalam aktifitas Unit Pecinta Fotografi Poltekom (UPFP), salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di POLTEKOM.
“Pada pameran ini kami angkat tema Bebas,” ucapnya ditemui disela-sela pameran.
Lebih lanjut ditambahkan mahasiswa jurusan Teknik Informatika ini, pemilihan tema diatas bukan tanpa alasan dan diharapkan seluruh anggota UPFP bisa menampilkan karyanya, tanpa dibatasi tema tetapi bukan pula ajang untuk kompetisi.
Lazimnya pameran foto yang digeber di kampus ia menambahkan, panitia selalu mengambil tema-tema tertentu, seperti human interest, landscape, portrait, flora & fauna, arsitektur, model hingga foto jurnalistik.
Dengan dengan begitu, di pameran ini semuanya tersaji dengan apik dan menarik serta memberikan nuansa tersendiri di tengah padatnya perkuliahan mahasiswa di kampus milik Pemkot Malang ini.
Meski bukan ajang kompetisi masih menurut dia, di akhir pameran akan ditentukan foto favorit pilihan pengunjung. Foto ini ditentukan dan dipilih sendiri oleh pengunjung dengan harapan untuk menyemangati peserta sekaligus menyemarakkan kegiatan.
“Kami sediakan hadiah menarik untuk karya foto favorit,” jelasnya.
Pada pameran-pameran berikutnya, ia melanjutkan, UPFP akan mengagendakan pameran serupa dengan spesifikasi tema yang sudah ditentukan. Dan bila perlu akan menggelar pameran bersama dengan teman-teman UKM Fotografi lintas kampus.
Terpisah, Pembina UPFP POLTEKOM Muh. Syafruddin memberi apresiasi positif dengan gelaran pameran ini. Bahkan pihaknya mengintruksikan agar UPFP mengagendakan kegiatan serupa setiap awal semester.
“Tujuannya untuk memperkenalkan Fotografi sekaligus menjaring anggota baru,” tutur mantan wartawan ini.
Dari pantauan di lapangan, terlihat sejumlah karya foto cukup diminati pengunjung diantara ada foto yang berjudul ‘Pesona Bukit Teletubis’ menggambarkan panorama danau beserta backround perbukitan yang elok di pandang mata, foto pesona jembatan Suramadu di malam hari berjudul ‘Night Light of Suramadu’.
Sementara di sisi lain ada juga karya foto bertema kritik sosial berjudul ‘Akibat Dinasti Politik’ mengetengahkan lelaki tua pengemis tengah menggendong anaknya penderita hydrochphalus, pembesaran cairan otak di kepala dan beberapa karya foto menarik lain.
Hanya sayang, karya foto-foto apik tersebut tidak disertai histori foto lazimnya pameran foto, seperti lokasi pemotretan, jam pengambilan gambar, kamera yang digunakan, diafragma, hingga kecepatan. (din)