POLTEKOM mendukung gerakan Malang Go Open Source

Pendampingan Open Source untuk Diskominfo

Open Source adalah sebuah sumber terbuka yang dapat dikembangkan dan dipakai oleh semua kalangan secara gratis (freeware). Open Source saat ini merupakan salah satu tren baru yang diikuti oleh kalangan masyarat. Open Source dianggap sebagai alternatif lain yang memiliki fungsi hampir sama dengan sistem operasi berbayar.

Kebanyakan masyarakat menilai sistem operasi berbayar lebih mudah digunakan, hal ini tentu saja karena faktor ‘terbiasa’. Maka dari itulah perlu sebuah pengenalan, pelatihan, serta pembiasaan untuk dapat mengoperasikan sehingga menjadi mudah digunakan.

Diskominfo Kota Malang merupakan salah satu instansi yang mulai menerapkan Open Source. Dalam hal ini, Poltekom turut berperan serta dalam pendampingan penerapan Open Source untuk Diskominfo. Mahasiswa dan perwakilan tenaga pengajar dari POLTEKOM, turut serta dilibatkan dalam pendampingan yang nantinya akan dilakukan di SKPD Kota Malang.

Nantinya, secara bertahap seluruh SKPD Dinas Kominfo Kota Malang akan beralih dari aplikasi dan sistem operasi yang properiraty menuju Open Source. Sehingga diharapkan tidak ada lagi penggunaan software ilegal dalam lingkup SKPD Kota Malang.

Pendampingan akan dilaksanakan pada tanggal 16 April 2012, materi yang dibahas disesuaikan dengan kebutuhan yang dapat memudahkan Diskominfo mengelola dokumen dan lain-lain.